Beginilah Penampakan Command Center

Oleh: Ferry Prakosa

This slideshow requires JavaScript.

Jurnal Bandung – Pembangunan pusat pengendali pengelolaan kota yang disebut Command Center kini telah hampir rampung. Bangunan yang didesain menyerupai sarang tawon ini tak lama lagi akan mulai dioperasikan.

Sesuai pernyataan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil beberapa waktu lalu, Command Center ini akan mulai dioperasikan 19 Januari 2015. Hari ini, Jurnal Bandung berkesempatan memasuki Command Center.

Di dalam ruangan, terdapat layar besar berukuran hampir 12 x 2,5 meter yang dipasang di sisi depan ruangan Command Center. Di pinggir-pinggir ruangan pun sudah terpasang meja komputer.

Ruangan pusat pengendali informasi ini terlihat ciamik dengan lampu berwarna biru. Berpadu dengan cat berwarna putih yang menyejukan mata.

Selain ruangan pengendali, ada juga ruangan yang terlihat sebagai ruangan rapat di lantai atas. Di ruangan tersebut, kita bisa melihat langsung aktifitas para pekerja di ruang pengendali.

Ruangan bernuansa putih yang dipadukan cahaya lampu biru itupun dipertegas dengan hadirnya patung burung garuda berwarna putih di bawah kaca lantai dua.

Seperti diketahui Comand Center sendiri akan menjadi markas pusat komando pelayanan publik. Pemantauan kota bisa dilakukan di ruangan tersebut. Konsep e-government yang digulirkan Pemkot Bandung ini merupakan salah satu upaya menuju smart city. Kini, pembangunannya tinggal menyisakan pemasangan instalasi listrik.

“Command center nanti ya. Pokoknya, tanggal 19 Januari ini insyaallah saya sudah pakai,” ujar Emil belum lama ini.

Share This

Leave a Reply