BBWS Siapkan Anggaran Bantuan Pembongkaran Bangunan PT Kahatex

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Balai Besar Wilayah Sungai (BBW) siap membantu membongkar bangunan milik PT Kahatex yang berdiri tepat di atas Sungai Cikijing, Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Bantuan tersebut tidak hanya dari sisi teknis. Sebab, BBWS pun akan membantu dari segi anggaran dan anggarannya kini sudah disiapkan.

Namun, Kepala BBWS Citarum Yudha Mediawan menjelaskan, pihaknya tidak bisa menyebutkan besaran bantuan anggaran tersebut. Pasalnya, hal itu harus didahului perhitungan terkait titik mana saja yang bakal dibenahi.

“Anggarannya sudah ada, cuma belum bisa disebutkan berapanya karena perlu dilihat titik mana saja yang perlu dubenahi. Tapi anggarannya sudah ada, kita masukan ke dalam pos anggaran normalisasi sungai,” jelasnya, Rabu (1/2).

PT Kahatex sendiri mengklaim telah membongkar bangunan tersebut. Bahkan, progres pembongkaran sudah sampai 50%. Pembongkaran dilakukan sebagai konsekuensi dari kesepakatan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Desember 2016 lalu.

Namun, pihak PT Kahatex mengeluhkan tidak adanya pendampingan, khususnya terkait teknis pembongkaran dari BBWS.

Padahal, pendampingan ini dinilai perlu agar pembongkaran yang dilakukan tepat dan tidak memakan biaya besar. Sehingga, apabila banjir kembali terjadi di Rancaekek, PT Kahatex tidak lantas disalahkan.

Share This

Leave a Reply