Batu Akik Bakal Jadi Cinderamata PON Jabar

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

‎Jurnal Bandung –  Batu akik khas Jawa Barat akan menjadi cinderamata Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jabar. Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengungkapkan, batu akik yang akan dijadikan cenderamata tersebut hampir sama dengan batu akik yang dijadikan cinderamata Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-50.

“Alhamdulillah, ada yang berkontribusi pada PON mendatang, dari para pengrajin batu akik,” katanya kepada Jurnal Bandung saat berkunjung ke salah satu pengrajin batu akik di Kabupaten Garut, Lasminingrat Gemstone, Rabu (26/8).

Pria yang akrab disapa Aher ini menjelaskan, nantinya, penerima cinderamata tersebut adalah para pemenang PON antara juara satu sampai tiga.

“Selain medali, akan diberikan juga boneka Surili dan cinderamata batu akik yang dibalut tali seperti dasi koboi, talinya dari kulit domba,” tuturnya.

Dia berharap, cinderamata ini bisa menjadi kenang-kenangan dan memberikan kesan tersendiri bagi atlet-atlet PON berprestasi.

“Ini sebuah keunikan tersendiri dari Jawa Barat yang menampilkan batu akik khas Jabar,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, pemilik Lasminingrat Gemstone Yudi Nugraha menjelaskan, cinderamata PON berupa batu akik merupakan cita-cita besar para pengrajin batu akik.

“Saya berjuang bukan saja atas nama Garut, jadi seluruh masyarakat Jabar yang punya potensi batu akik, ingin mempersembahkan yang terbaik,” ujar Yudi.

Yudi melanjutkan, batu akik yang akan dijadikan cinderamata tersebut nantinya berbentuk liontin yang dipadukan dengan kulit domba. Selain itu, batu akik yang digunakan pun merupakan batu akik unggulan dari jenis Pancawarna.

“Kita berikan batu unggulan seperti Pancawarna, karena filiosofinya terkait bangsa Indonesia. Pancawarna pun ada beberapa jenis, ada Pancawarna Edong, Aki Angel, Darson, Gunung Tumpeng,dan Rahong. Kami akan berikan batu yang terbaik,” bebernya.

Menurut dia, sekitar 2.500 liontin rencananya akan disiapkan untuk cinderamata PON tersebut.

“Kami tidak akan berikan harga mahal, tapi murah berkualitas, terbaik dan dengan harga yang terjangkau,” tandasnya.

Leave a Reply