Baru Wacana, Tol Cileunyi-Tasikmalaya Sudah Menuai Protes Warga Garut

Oleh Yuga Khalifatusalam
diprotes-warga-garut-nama-tol-citas-diubah-jadi-cigatas-rgW48NlZwl
Foto net

Jurnal Bandung – Meski baru sebatas wacana, rencana pembangunan jalan Tol Cileunyi-Tasikmalaya (Citas) sudah menuai protes warga Garut.

Protes dilayangkan karena penamaan jalan tol tersebut tidak menyertakan nama Garut, padahal tol tersebut melintasi wilayah Kabupaten Garut.

Dengan adanya protes tersebut, akhirnya ada perubahan nama yang awalnya Citas menjadi Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya).

Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat M Guntoro mengaku tidak terlalu mempersoalkan perubahan nama tersebut karena tol Citas memang melintasi wilayah Kabupaten Garut.

“Mereka (bupati dan warga Garut) protes, kenapa lewat Garut tapi namanya tidak dicantumkan,” ungkapnya kepada Jurnal Bandung.com, belum lama ini.

Menurut Guntoro, perubahan nama ini bukanlah masalah serius. Sehingga, pemerintah provinsi dan pusat pun tidak keberatan.

Guntoro melanjutkan, pembangunan jalan tol yang diprediksi akan menghabiskan anggaran sebesar Rp12,1 triliun ini akan didanai pemerintah pusat.

Dia menambahkan, keberadaan tol Cigatas sangat penting untuk mengurai kemacetan di sepanjang jalur Cileunyi-Garut-Tasikmalaya, apalagi ketika musim mudik lebaran tiba.

“Tol ini diharapkan dapat beroperasi di 2019,” sebutnya.

Leave a Reply