Banyak Pengusaha Sewa Becking Tuntaskan Gugatan Lingkungan

Oleh: Redaksi

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengungkapkan, banyak pengusaha yang notabene bermodal besar menyewa becking untuk menuntaskan berbagai persoalan lingkungan.

Becking yang dimaksud adalah ahli tertentu untuk menghadapi gugatan yang ditujukan kepada pengusaha yang dianggap telah merusak lingkungan.

Bahkan, Deddy mengatakan, pengusaha terkesan tidak kapok akan efek jera berupa hukuman yang diancamkan kepada mereka. Sehingga, persoalan lingkungan tak pernah selesai.

Oleh karena itu, keberadaan Satgas Penegakan Hukum Lingkungan Terpadu (PHLT) Provinsi Jabar sangatlah penting. Terlebih, ekspektasi masyarakat terhadap Satgas PHLT kini begitu besar.

“Mereka terus menuntut pemerintah untuk mengusut tuntas kasus pelanggaran hukum lingkungan karena belum adanya efek jera dari para pelanggar,” ungkap Deddy dalam rapat koordinasi tentang evaluasi kinerja Satgas PHLT di Gedung Sate, Bandung, Selasa (18/8).

Deddy juga menegaskan, karena ekspektasi masyarakat yang sudah begitu besar, Satgas PHLT tidak bisa mundur, berhenti atau mundur hancur.

“Karena ekapektasi masyarakat sudah sangat tinggi terhadap penertiban dan mereka tetap monitor apa yang kita lakukan, Satgas PHLT harus maju terus,” tegasnya.

Tidak hanya itu, ekspektasi masyarakat yang telah melebihi dari apa yang telah pemerintah lakukan membuat masalah penegakan lingkungan pun menjadi boomerang (ancaman) yang tidak bisa dihindari pemerintah.

Share This

Leave a Reply