Banyak Oknum “Bermain”, Perangkat Online di Pemkot Bandung Akan Dikuatkan

Oleh: Bayu Wicaksana

Jurnalbandung.com – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengakui, masih ada oknum-oknum yang “bermain” di lingkungan Pemkot Bandung.

Kondisi tersebut diakui Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, sebagai dampak masih lemahnya sistem jaringan (online) di Pemkot Bandung.

“Saya kecewa, sistem itu dipersusah. Log in lelet, supaya orang bingung, akhirnya datang lagi. Modusnya kan seperti itu,” ungkap Emil, Senin (30/1).

Dia menyebut, kini, terdapat 400 perangkat online di Pemkot Bandung. Namun, kata dia, seluruh software tersebut memerlukan operator yang notabene manusia.

Oleh karena itu, pihaknya akan memperkuat sistem online ini untuk menekan ketergantungan terhadap manusia. Hal ini pun, kata Emil, menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas pegawai di Pemkot Bandung.

Selama ini, tambah Emil, dirinya pun telah memberhentikan 15 pejabat yang tersangkut pungli.

“15 pejabat saya hukum terkait pungli. Lurah, camat, saya pecat. Pemkot Bandung banyak memberhentikan pejabat,” tegasnya.

Dia pun memastikan komitmennya dalam memberantas pungli di Kota Bandung.

“Kami komit dengan Tim Saber Pungli dan lain-lain, untuk menegakkan aturan di semua pelayanan publik yang punya potensi penyalahgunaan wewenang. Ini refleksi kita semua. Fokus ke pekerjaan, hindari seperti itu. Enggak hanya soal pejabat, japrem, parkir liar pun tidak boleh ada,” tandasnya.

Share This

Leave a Reply