Banjir Kembali Terjang Jalur Kahatex, Sawah dan Permukiman Warga Terendam

Oleh: Dadan Burhan AA

Jurnalbandung.com – Lagi-lagi, Jalan Raya Bandung-Garut, tepatnya depan pabrik PT. Kahatex kembali terendam banjir, Rabu (15/3) sekitar pukulĀ  15.30 WIB.

Akibatnya, arus lalu lintas dari Bandung ke Garut dan sebaliknya tersendat. Bahkan, permukiman warga di kawasan itu pun ikut tergenang banjir tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun jurnalbandung.com, sebelum banjir terjadi, kawasan itu sempat diguyur hujan yang cukup deras.

“Sebelumnya di sini (Cimanggung) terjadi hujan yang cukup deras. Kami bersama anggota sekaligus Babinsa Desa Cihanjuang melaksanakan kontrol di wilayah desa binaan yang terkena banjir musiman. Ketinggian air mencapai sekitar 5 sampai dengan 10 sentimeter,” ungkap Danramil Cimanggung Kapten Inf Dedy Rochana, Rabu (15/3).

Selain memonitor bersama ke Desa Cihanjuang, kata Dedy, pihaknya juga memantau Desa Mangunarga, tepatnya di Dusun Cikijing RT 01 yang memang kerap tergenang banjir.

“Ketinggian air kurang lebih mencapai 15-35 centimeter, sehingga arus lalu lintas padat merayap. Sampai saat ini genangan air masih tinggi. Namun, untuk situasi pemukiman penduduk aman,” katanya.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, artinya kerugian jiwa nihil, namun kerugian materil sawah terendam di Dusun Babakan Sukamanah RT 01 RW 08, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang,” tambah Dedy.

Share This

Leave a Reply