Banjir Kabupaten Bandung Makin Meluas

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Bandung makin meluas. Biasanya, banjir hanya melanda 3 kecamatan saja yang memang menjadi langganan banjir. Namun, banjir kini meluas hingga di 5 kecamatan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bandung Ernawan Mustika mengungkapkan, musim penghujan tahun ini cukup parah.

Akibatnya, penduduk di lima kecamatan, yakni Kecamatan Bojongsoang, Dayeuhkolot, Baleendah, Katapang, dan Rancaekek jadi korban banjir.

“Sekarang itu banjir sudah menerjang sedikit Kecamatan Katapang dan Rancaekek. Jadi total ada lima kecamatan yang terendam,” ungkap Ernawan kepada jurnalbandung.com seusai menghadiri rakor rencana tindak jangka pendek, menengah, dan panjang banjir di cekungan Bandung, di Gedung Sate, Kota Selasa (1/11).

‎Namun begitu, pihaknya tidak tinggal diam. Menurutnya, Pemkab Bandung terus menginventarisasi segala sesuatu yang berhubungan dengan bencana banjir di Kabupaten Bandung.

“Untuk angka berapa luasan lahan yang tergenang sampai sekarang masih kita hitung jumlahnya,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga meminta Pemprov Jawa Barat memberikan bantuan berupa perahu karet untuk proses evakuasi warga yang terjebak banjir.

“Saya sudah minta (kepada Wagub Jabar Deddy Mizwar), nanti yah berapa yang dibutuhkan,” katanya.

Share This

Leave a Reply