Bangun Rumah MBR, REI Jabar Minta Pemprov Berikan Kemudahan Izin

Oleh: Yuga Khalifatusalam


Jurnalbandung.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Real Estat Indonesia (REI) Jawa Barat berharap, Pemprov Jabar memberikan peluang pembangunan perumahan khusus bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Salah satu caranya, memberikan kemudahan dalam hal perizinan.

Ketua DPD REI Jabar Irfan Firmansyah menjelaskan, pihaknya akan segera mengundang Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa untuk membicarakan hal tersebut agar pembangunan perumahan untuk MBR berjalan lancar.

“Kami dapat surat dari pusat terkait evaluasi implementasi kebijakan ini di level pemerintah kabupaten/kota. Pusat sudah, sekarang tinggal pemerintah provinsi sebagai pengawas pembina terhadap implementasi di kabupaten/kota,” papar Irfan di Bandung, Jumat (10/3).

Irfan mengakui, implementasi kemudahan perizinan untuk pembangunan rumah MBR di kabupaten/kota memang masih belum sesuai harapan.

“Masih jauh panggang dari api,” katanya.

Rencananya, selain mengundang Sekda Jabar, REI Jabar juga akan menghadirkan Kepala Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jabar agar implementasi di lapangan bisa sinergis.

Sementara itu, Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan, REI menginformasikan pada pihaknya tentang upaya percepatan pembangunan perumahan terjangkau.

“Dalam pertemuan tadi dibahas bagaimana supaya sertifikat tanah bisa relatif cepat dan sesuai ketentuan yang berlaku,” katanya.

Kedua, pihaknya membicarakan bagaimana proses perizinan, baik izin lokasi dan kewenangan kabupaten/kota dalam menerbitkan izin mendirikan bangunan (IMB) bisa berjalan cepat dan sesuai aturan.

“Untuk kewenangan provinsi tentu bisa langsung ditindaklanjuti dan diperbaiki. Namun, untuk bupati/wali kota ini tidak bisa diselesaikan provinsi, tapi diharapkan kepala daerah bisa memberikan dukungan implementasi kebijakan pusat,” paparnya.

Iwa berjanji akan turut memfasilitasi keluhan REI dan sejumlah pengusaha swasta terkait hal ini dengan BPN dan pemerintah kabupaten/kota.

“Supaya terkait IMB dan sertifikasi daerah ada solusi dan sesuai aturan,” tandasnya.

Share This

Leave a Reply