Bangun Ruang Seni Publik, Pemprov Jabar Gandeng Seniman Asal Australia

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Pemprov Jawa Barat dan Pemerintah Australia Selatan menjalin kerja sama untuk pembangunan ruang seni publik (public art work) di kawasan Gasibu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa menjelaskan, kerja sama sama ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yang dilakukan Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar pada Desember 2016 lalu.

“Ini membahas mengenai pembangunan public art work dan art center Jabar yang ditindaklanjuti oleh Dinas Pariwisata dan Dinas Kimrum Provinsi Jawa Barat,” tutur Iwa, Rabu (25/1).

Menurut Iwa, pembangunan ruang seni publik ini menjadi lambang sister province Pemprov Jabar dan negara bagian Australia Selatan, dimana pembangunannya akan dilakukan di halaman Gasibu oleh dua seniman dari Jabar dan Australia ditambah seorang art director.

“Rencananya 30 Januari-1 Februari 2017, Joseph Mitchell, artist director dari Adelaide Festival Center yang ditunjuk oleh Pemerintah Australia Selatan untuk pembangunan public art work di Jabar akan hadir ke Bandung,” katanya.

Di tanggal yang sama, lanjut Iwa, akan diadakan project advisory group (PAG) meeting dengan mengundang para artis dan organisasi perangkat daerah (OPD) yang terlibat dalam pembangunan public art work ini.

“Pada tanggal 31 januari 2017, PAG akan mempresentasikan konsep pembangunan public art work tersebut kepada bapak Wagub,” katanya.

Kemudian, akan diselenggarakan press conference dengan narasumber Joseph Mitchell dan Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar. Selain itu, joint working group meeting (JWGM) yang setiap tahunnya diselenggarakan bergiliran oleh kedua belah pihak. Tahun ini akan digelar di Jabar yang rencananya dilaksanakan akhir oktober 2017.

Share This

Leave a Reply