Bandung Punya Mobil Layanan Pajak Keliling

Oleh: Ferry Prakosa

foto net
foto net

Jurnal Bandung- Untuk melayani dan memudahkan masyarakat dalam pembayaran pajak, Dinas Pelayanan Pajak (Disyanjak) Kota Bandung, meluncurkan Mobil Pelayanan Pajak Keliling.

Kepala Disyanjak, Dandan Riza Wardhana mengatakan dengan adanya mobil ini, praktis tidak ada alasan bagi masyarakat wajib pajak untuk tidak membayar pajak tepat pada waktunya.

“Fungsinya pelayanan publik yah, kita mendekatkan diri ke masyarakat, nanti ada sosialisasi juga disitu, dan pembayaran yang utamanya kita punya tagline bayar pajak mudah, Bandung juara,” katanya di Balaikota Bandung,  Kamis (25/9).

Menurutnya, mobil ini akan mobilisasi ke wilayah-wilayah strategis yang dapat dijangkau oleh masyarakat kota Bandung. Ini dilakukan agar bisa dekat untuk bayar pajak. “Kayak sim keliling lah, jadi bayar pajak itu ga harus ke kantor pajak,” ucapnya.

Mobil yang ditaksir seharga Rp 1 milyar ini bisa melayani berbagai macam pembayaran pajak dari mulai PBB, Hiburan, PJU, Parkir, BPHTB, Restoran, Hotel dan Pajak Air tanah. Semua dapat dilakukan di mobil berwarna putih ini. “Ini semua bisa terutama yang sembilan mata pajak yang dikelola disyanjak,” tegasnya.

Keberadaan mobil pelayanan pajak ini, Dadan menargetkan akan ada tiga mobil sampai dengan akhir tahun. “Ini sampai Desember nanti target kita tiga,” cetusnya.

Mobil pelayanan pajak sendiri akan menyambangi masyarakat pada tanggal (28/9) di kawasan Car Free Day (CFD) Dago. “Untuk minggu ini atau bulan ini kan berhubung baru jadi kita trial dulu lah seminggu sekali di CFD. Nanti kan mereka (pegawai) harus latihan setting dulu sama onlinenya seperti apa,” tandasnya.

Share This

Leave a Reply