Bale Rame Sabilulungan Tak Terawat, Disparbud Inisiasi Gelar Kerja Bakti

Oleh: Dadan Burhan AA

Jurnalbandung.com – Dinas Parawisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung menggelar kerja bakti membersihkan Bale Rame Sabilulungan, Kamis (12/1).

Kerja bakti yang dilakukan bersama intansi lainnya ini digelar mengingat kondisi sekitar kompleks Gedung Budaya Sabilulungan di Soreang, Kabupaten Bandung, kurang terawat.

Berdasarkan pantauan Jurnalbandung.com, kerja bakti tersebut dilakukan di sela-sela pindahan kantor Disparbud sejak pukul 08.00-11.00 WIB.

Sejumlah petugas dari Disparbud terlihat membersihkan sampah dan rumput liar di sekitar Bale Rame. Saat dibersihkan, banyak sampah plastik dan puntung rokok yang berserakan.

Kepala Disparbud Kabupaten Bandung Agus Firman yang memimpin langsung kerja bakti tersebut mengatakan, kegiatan ini merupakan inisiatif pihaknya setelah mengetahui kondisi Bale Rame yang tak terawat.

“Melihat kondisi tersebut, kami bersama instansi lainnya, salah satunya Dinas Pemadam Kebakaran, bersama-sama membersihkan lingkungan di sini agar terlihat lebih bersih dan lebih nyaman lagi,” tutur Agus kepada Jurnalbandung.com, Kamis (12/1).

Agus mengatakan, kerja bakti dilakukan pihaknya dengan target membersihkan sampah dan rumput liar karena peralatan yang ada terbatas.

“Beruntung kami dibantu Dinas Pemadam Kebakaran yang menerjunkan satu unit mobil Damkar untuk menyiram lantai Bale Rame,” ungkapnya.

“Lantai ini kotor dan penuh debu. Ini aset luar biasa yang dimiliki kita. Seharusnya aset ini dijaga dengan baik,” sambung Agus.

Agus mengungkapkan, sampah plastik dan puntung rokok yang berserakan dipungut kemudian dibakar.

Namun, kata Agus, pihaknya kesulitan membersihkan rumput liar di sekitar Bale Rame yang tumbuh subur hingga merusak pemandangan.

“Kami bukan tidak bisa membersihkannya, kerja bakti ini dilakukan sesuai kemampuan, terlebih peralatan yang ada juga terbatas,” pungkasnya.

Leave a Reply