Atasi Lahan Kritis, Sari Sundari Getol Ajak Masyarakat Cintai Alam

Oleh : Redaksi

Jurnalbandung.com – Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat Sari Sundari mengajak partisipasi masyarakat untuk terlibat aktif dalam mengatasi lahan kritis di wilayah Kawasan Bandung Utara (KBU).

 
Sari menjelaskan, cara mengatasi lahan kritis salah satunya dengan cara penanaman pohon dan jangan melakukan penebangan pohon, karena bisa merusak ekosistem hutan.

 

 

“Lahan kritis yang ada di Jabar 70 persesenya adalah milik masyarakat, maka masyarakat dihimbau mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan apalagi hutan yang ada di daerah Pasir Jambu merupakan Sub DAS dari Sungai Citarum,” katanya kepada wartawan saat ditemui usai menghadiri kegiatan Peduli Penghijauan di Tanah Carik Desa Blok Keramat RT 03 RW 04 Desa Sugihmukti Kecamatan Pasir Jambu Kabupaten Bandung, beberapa waktu lalu.

 
Sari menuturkan kegiatan ini bertujuan sebagai upaya untuk melestarikan lingkungan, meningkatkan penyerapan air dalam rangka mencegah bahaya banjir dan longsor sekaligus untuk penghijauan dan memperindah lingkungan menjadi asri.

 

 

‚ÄúDengan diadakanya kegiatan ini akan menambah kesadaran masyarakat dalam melestarikan hutan,” tuturnya.

 

 
Lebih lanjut Sari mengatakan, semua stake holder harus bekerja sama dan bersinergi dalam menjalankan program-program dan menghilangkan ego sektoral.

 
“Dinas Kehutanan harus terus melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya melestarikan hutan jangan sampai kita meninggalkan air mata, tapi harus meninggalkan mata air,” jelas dia.

 
Sebagai anggota dewan, pihaknya akan mendukung semua program yang sudah dan akan dilakukan oleh pemerintah.

 

 
“Dewan juga mendorong pemerintah untuk lebih memperhatikan terhadap penanganan lahan kritis yang ada di Jawa Barat,” katanya.

 

 

Anggota DPRD Jawa Barat yang terpilih dari daerah pemilihan Kabupten Bandung ini juga menambahkan dari data yang diperoleh di wilayah Jawa Barat sekitar 700.000 Hektar lahan masuk katagori sangat kritis , 250.000 Hektar lahan masuk katagori kritis.

 

 

Dia juga mendukung program agroforestry sebagai salah satu cara menangani lahan kritis. Dalam kesempatan itu, Sari secara simbolis menanam pohon lengkeng di tempat tanah Carik Desa Sugihmukti.

Leave a Reply