Atasi Banjir di Tol Cikampek, Pemprov Jabar Dorong Pusat Bangun Waduk Cibeet

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Untuk mengatasi banjir yang terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, tepatnya di kawasan Delta Mas, Pemprov Jawa Barat mendorong Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mempercepat penuntasan studi kelayakan (feasibility study/FS) Waduk Cibeet di Kabupaten Bogor.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa mengungkapkan, pembangunan Waduk Cibeet sudah sangat mendesak. Pasalnya, banjir yang melanda sudah mengancam ke kawasan industri dan pemukiman warga.

“PUPR tahun ini rencananya akan menuntaskan FS Waduk Cibeet. Sejauh mana FS ini sudah dibuat, karena tampaknya ada persoalan daya dukung lingkungan, sehingga banjir masuk tol,” terang Iwa, Kamis (17/11).

Menurut Iwa, rencana pembangunan Waduk Cibeet kini sudah mulai terlihat. Hal itu ditandai dengan masuknya rencana pembangunan waduk dalam revisi Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kabupaten Bogor.

Sementara, sejak pertengahan tahun lalu, Kementerian PUPR lewat Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) sudah menggelar studi di lapangan.

“Kalau sudah FS nanti penyusunan DED (detail engineering design), baru pengalokasian anggaran oleh pusat,” jelasnya.

Share This

Leave a Reply