Aspendi Ungkap Dampak Positif Virus Corona

Oleh : Redaksi

Jurnalbandung.com – Wabah virus corona yang muncul di China ternyata ada dampak positif bagi para petani bunga di Cihideng Lembang, pengrajin pot bunga plered dan pengrajin kayu rotan.

 
Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua DPW Asosiasi Pengusaha Jasa Dekorasi Indonesia (Aspendi) Jabar Buwana Oejang Soewarna alias Ubun.

 
Dia menjelaskan bahwa, semua barang-barang materi dekorasi semuanya di impor dari China. Namun dengan adanya virus corona di China, barang-barang impor dari China menjadi tertahan.

 
“Tapi kan kita profesional, kita harus memutar otak, akhirnya
kita pakai yang lokal,” katanya kepada wartawan saat ditemui di Bandung. Senin (24/2/2020).

 
Dalam kesemptan tersebut, Ubun tidak memungkiri menggunakan prudak lokal harganya sedikit lebih mahal dibandingkan produk impor. Namun lanjut dia, bagaimana pun juga klien yang sudah memberikan uang DP harus tetap dilayani.

 
“Memang harganya sedikit lebih mahal, namun sekarang harganya sudah turun karena permintaan semakin banyak, jadi intinya masalah harga sedikit bersaing,” katanya.

 
Dia menjelaskan, saat ini para petani bunga, sudah mulai menanam bunga untuk keperluan dekorasi, karena memenang semua pengusaha dekorasi sudah melirik produk lokal.

 
“Iya Alhamdulillah, dari mulai petani bunga, pengrajin rotan, vas bunga dan pengrajin lainnya sudah mulai berkembang,” jelasnya.

Leave a Reply