Apresiasi Langkah Polda Jabar, DPRD Berharap Perusak Lingkungan di Garut Terungkap Secara Objektif

Oleh: Riefki Farandhika

foto : net
foto : net

Jurnal Bandung – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat memeriksa 11 saksi terkait dugaan perusakan lingkungan oleh sejumlah pihak, yang mengakibatkan kawasan hulu Sungai Cimanuk kritis.

Atas kinerja Polda Jabar tersebut, DPRD Jabar berharap, siapapun pelaku perusakan lingkungan di Garut bisa terungkap

Ketua Fraksi PDIP Jabar Waras Wasisto menyatakan, pihaknya mengapresiasi langkah Polda Jabar sesuai intruksi Presiden Jokowi untuk menindak tegas perusak lingkungan di hulu Sungai Cimanuk, Kabupaten Garut.

“Polda Jabar harus membongkar siapa saja yang bertanggung jawab atas kerusakan lingkungan ini,” jelas Waras di ruang kerjanya, Kamis (6/10).

Waras menilai, langkah Polda Jabar dengan memanggil 11 saksi dari pihak terkait, yang di antaranya pengusaha wisata serta pemilik perkebunan sayur sebagai langkah tepat.

“Memang di kawasan hulu Cimanuk, seperti di kawasan Darajat banyak tempat wisata sejak 3 tahun ke belakang. Sehingga, perlu juga dibuktikan apakah keberadaan tempat wisata tersebut memenuhi syarat berada di ketinggian sebagai lokasi wisata atau tidak,” tutur legislator PDIP ini.

“Perintah Presiden tentang pengusutan dugaan adanya kejahatan lingkungan harus kita kawal agar Polri profesional dan transparan, bisa mengungkap siapa yang melakukan perambahan hutan dan merusak hutan di Garut,” terangnya.

Sementara itu, aktivis lingkungan dari Repdem (Relawan Perjuangan Demokrasi) Jabar Naga Sentana menjelaskan, sejauh ini, Polda Jabar sudah tepat melakukan pemanggilan.

Namun, kata dia, Polda Jabar perlu juga melihat secara utuh proses perizinan di Pemkab Garut.

“Pemda perlu melakukan penyelidikan terhadap pihak-pihak terkait di Garut, seperti diperbolehkannya kawasan wisata geothermal yang dekat obyek vital, bagaimanana tata ruangnya dan jarak berapa boleh berada tempat wisata, serta bagaimana bila sesuatu terjadi harus juga diteliti,” jelas Naga.

Share This

Leave a Reply