APPSI Segera Gelar Munas di Makassar

Oleh: Yuga Khalifatusalam

foto net
foto net

Jurnal Bandung –  Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) menggelar pertemuan untuk membahas persiapan musyawarah nasional (munas) di Makassar, Sulawesi Selatan.

Munas yang digelar empat tahun sekali ini dilakukan untuk memilih ketua APPSI baru. Ketua APPSI kini dijabat Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo.‎

“Ini acara internal APPSI. Kita menyiapkan jadwal serta materi yang akan dibahas pada acara munas di bulan November, akhir 2015. Acara munas ini dilakukan 4 tahun sekali,” jelas Ketua Dewan Pengurus APPSI Ahmad Heryawan seusai pertemuan.

Disinggung apakah Munas APPSI juga akan membahas tentang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak, pria yang juga menjabat Gubernur Jawa Barat ini menegaskan, Munas APPSI tidak ada hubungannya dengan pilkada.

Sebab, kata dia, APPSI merupakan paguyuban ‎yang diperbolehkan undang-undang. Setiap Munas APPSI pun selalu dibuka oleh Presiden.

“Untuk materi ‎disiapkan oleh pakar. Ini mah bukan ramai pilkada, tapi paguyuban. Undang-undang mengamanatkan untuk membolehkan pemerintah provinsi membuat asosiasi,” terangnya.

APPSI, kata Heryawan, sengaja dibuat agar koordinasi antarpemerintah provinsi berjalan baik. Pria yang akrab disapa Aher ini pun mencontohkan, dengan adanya APPSI, perdagangan antarpulau selama ini dapat berjalan dengan baik.

“Kita juga bisa cerita kebutuhan sapi dengan NTB, dengan Sulsel. Kita ada kelebihan cabai, kita bicarakan dengan teman Jakarta dan yang lain,” tutupnya.

Share This

Leave a Reply