Apa Kabar Pasar Tematik Kota Bandung?

Oleh: JB-01

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Rencana pembangunan pasar-pasar tematik di Kota Bandung sepertinya masih sebatas wacana.

Meskipun rencana tersebut sudah digulirkan sejak 2013 lalu, namun tak terlihat sedikit pun realisasi pembangunan pasar tematik di Kota Bandung. Bahkan, rencana tersebut kini seakan tidak jelas.

Tengok saja rencana revitalisasi Pasar Sarijadi, di Jalan Sariasih yang hingga kini tak kunjung dimulai. Kondisi ini membuat sekitar 20 pedagang yang masih berjualan di pasar tersebut akhirnya geram.‬

‪Mereka menganggap Pemkot Bandung mempermainkan perasaan mereka. Padahal, peletakan batu pertama revitalisasi pasar itu telah dimulai sejak September 2014 lalu.

Anggota Komisi B DPRD Kota Bandung Aan Andi Purnama mengakui, Pemkot Bandung melalui Perusahaan Daerah (PD) Pasar Bermartabat memang menemui kendala dalam proses revitalisasi pasar tersebut.

Namun, kata Andi, sapaan akrabnya, seharusnya Pemkot Bandung segera menyosialisasikan masalah tersebut kepada para pedagang.

“Sayangnya, hingga kini, sosialisasi pun belum dilakukan,” ungkap Andi kepada Jurnal Bandung, Minggu (28/6).

Pihaknya berencana memanggil pihak PD Pasar untuk meminta penjelasan dan laporan terkait perkembangan rencana pembangunan pasar tematik ini.

“Apalagi Pemkot Bandung telah memberikan dana Rp85 miliar sebagai penyertaan modal kepada PD Pasar. Maka dari itu sudah menjadi satu keharusan pihaknya untuk ikut mengawasi rencana tersebut,” jelas Andi.

Untuk diketahui, Pemkot Bandung melalui PD Pasar Bermartabat berencana membangun enam pasar tematik tahun ini. Dalam jangka waktu tiga tahun ke depan, rencananya akan ada 22 pasar tematik dan non-tematik yang akan direvlitasilasi.‬

Share This

Leave a Reply