Antisipasi Luapan Sungai, Pemkot Bandung Tinggikan Tanggul Sungai

Oleh: JB-01

Foto net
Foto net


Jurnal Bandung – Pemkot Bandung melakukan langkah antisipasi banjir dengan cara meninggikan tanggul sungai.

Tindakan tersebut dilakukan menyusul peristiwa banjir yang merendam sejumlah kawasan di Kota Bandung akibat jebolnya tanggul sungai.

Kepala Bidang Pengairan Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung Sihar Pandapotan mengatakan, agar banjir akibat jebolnya tanggul sungai tidak terulang, pihaknya akan segera memperbaiki tanggul secara permanen.

DBMP Kota Bandung akan bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk memperbaiki tanggul-tanggul sungai tersebut.

“Dalam waktu dekat yang Cigiringsing, Manjahlega, Pasir impun, Cipamokolan, dan Cironggeng tanggulnya akan diperbaiki secara permanen. Sementara tanggul sungai Cironggeng dan Cidurian akan dilakukan peninggian oleh BBWS,” ungkap Sihar kepada Jurnal Bandung, Senin (16/2).

‪Selama ini, lanjut dia, pihaknya telah melakukan beragam upaya untuk mengantisipasi banjir. Pihaknya rutin melakukan pengawasan dengan menyiagakan petugas untuk menyisir sungai dan mengecek tanggul-tanggul di sepanjang aliran sungai.‬

‪Sihar mencontohkan, sebelum tanggul sungai Cironggeng jebol, secara kasat mata tanggul tersebut menurutnya masih bagus dan kokoh. Namun, diakuinya, saat debit air sungai meningkat menjadi di luar kendali.

“Kalau yang jebol itu (sungai Cironggeng) sebelum kejadian tetap kita kontrol. Secara kasat mata kan bagus. Namun ketika debit air tinggi kita tidak tahu, di luar perkiraan kita,” ucapnya.

Leave a Reply