Aksi Pencurian Marak, Warga Jatinangor Diimbau Kembali Aktifkan Siskamling

Oleh: Dadan Burhan AA

Jurnalbandung.com – Kapolsek Jatinangor Kompol Cecep Tatang didampingi Danramil Jatinangor, Kapten Inf Rudhi P meminta masyarakat Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang kembali mengaktifkan kegiatan ronda malam atau siskamling.

Menurut Cecep, kini pencuri lebih memilih kantor-kantor yang tidak dijaga saat malam hari. Bahkan, kata Tatang, pencurian tersebut tidak hanya terjadi di Jatinangor.

“Sudah banyak kasusnya di daerah lain, bahkan Jatinangor juga sempat jadi sasaran aksi jahat para pencuri itu,” ungkap Cecep saat ditemui Jurnalbandung.com di Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Kamis (26/1).

Dalam kurun waktu sebulan, kata Cecep, sudah ada empat kasus pencurian yang sasarannya adalah kantor-kantor tanpa penjagaan, yakni Puskesmas Desa Cisempur, Kantor Desa Cisempur, Kantor Desa Cibeusi, dan SD Cibeusi.

Cecep mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Koramil Jatinangor untuk mengantisipasi adanya kasus serupa. Bahkan, pihaknya juga sudah menyebarkan selebaran imbauan ke setiap desa dan kantor-kantor pemerintah yang ada di Kecamatan Jatinangor.

“Kami sebar surat dan stiker yang berisi imbauan untuk masyarakat dalam mengantisipasi dan mewaspadai aksi pencurian di wilayah hukum Polsek Jatinangor,” kata dia.

Dijelaskan Cecep, surat yang disebarkan itu berisi imbauan kepada masyarakat, di antaranya setiap kantor harus dipasangi CCTV, pelaporan tamu 1×24 jam, dan pengaktifan kembali siskamling.

“Kami juga sudah berkoordinasi kepada pemerintah kecamatan agar Satpol PP melakukan operasi yustisi rutin ke setiap kos-kosan untuk pendataan warga pendatang,” tandasnya.

Sementara itu, Danramil Jatinangor Kapten Inf Rudhi P mengatakan, pihaknya selalu siap membantu pihak kepolisian dalam mengantisipasi gangguan kamtibmas dan pencurian yang tengah marak di wilayah Jatinangor.

“Kami terus berkoordinasi dengan Pak Kapolsek, kami juga bantu Babinkamtibmas dengan kehadiran Babinsa untuk melakukan patroli bersama setiap malam,” katanya.

Share This

Leave a Reply