Akhir Tahun Ini, Warga Bandung Bisa Nikmati Taman Gasibu Mini di Antapani‪

Oleh: Faisal Maulida

Foto net
Foto net

BANDUNG – Setelah sejumlah taman tematik tuntas dibangun Pemkot Bandung, Warga Kota Bandung akan kembali dimanjakan dengan kehadiran taman baru.

Taman baru itu dinamakan Taman Gasibu Mini (Gasmin) yang lokasinya berada di kawasan Antapani, tepatnya di Jalan Purwakarta.

Tidak tanggung-tanggung, Pemkot Bandung mengalokasikan anggaran hingga Rp4 miliar untuk merevitalisasi taman yang kini hanya terlihat layaknya lapangan biasa.

Rencananya, revitalisasi Taman Gasmin akan dimulai Maret 2016 mendatang dan dijadwalkan selesai dan bisa dinikmati warga Kota Bandung akhir tahun ini.

Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) Kota Bandung Arif Prasetya mengatakan, pengembangan ruang publik ini sebenarnya telah direncanakan sejak 2015 lalu. Namun, akibat gagal lelang, proyek pembangungan tahap pertamanya tak bisa terlaksana.‬


‪”Kini sudah dalam tahap administrasi, sedang persiapan. Setelah lelang selesai, langsung bekerja sekitar bulan Maret dengan estimasi waktu enam bulan. Minimal bulan Desember sudah selesai,” ungkap Arief kepada Jurnal Bandung.com, Selasa (9/2).

Dia menjelaskan, Taman Gasmin dirancang untuk mengintegrasikan empat atau lebih kegiatan dalam sebuah ruang publik. Selain terdapat sarana ibadah, tersedia juga ruang terbukan hijau (RTH), serta sarana olahraga seperti jogging track.

‪”Lebih banyak ke area publiknya, kita akan gunakan RTH dengan rumput khusus untuk sarana olahraga. Kita akan tes, kalau ini sukses, kita terapkan pakai rumput. Tetapi kalau bebannya repot, kita ganti pakai rumput sintetis. Tetapi tidak semua,” tuturnya.

‪Arief menambahkan, pembangunan tahap kedua meliputi pembangunan tempat burung, amphiteather, lapangan voli, basket, dan area pelengkapnya.

“Diperkirakan pengerjaan tahap kedua bisa terlaksana di tahun 2017,” sebut Arief.

Leave a Reply