AKD Terbentuk, Dewan Segera Sahkan APBD Perubahan 2014

Oleh: Yuga Khalifatusalam

DSC_0960
foto: Yuga Khalifatusalam

Jurnal Bandung- DPRD Jawa Barat telah menetapkan pimpinan definitif yang akan diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri. Dengan telah ditetapkannya pimpinan definitif, DPRD Jabar diharapkan bisa segera bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Ketua Fraksi Golkar Yod Mintaraga optimistis alat kelengkapan dewan akan segera terisi oleh anggota dewan dengan kompetensinya masing-masing.

Menurut Yod, setiap fraksi harus menyiapkan anggotanya untuk mengisi alat kelengkapan dewan (AKD) selambat-lambatnya 16 Oktober mendatang. Dengan begitu, Yod meyakini, DPRD Jabar akan segera efektif dan menjalankan tugasnya dalam mengawasi pembangunan di Jabar.

Yod menjelaskan, tugas pertama yang harus dikerjakan anggota dewan yang baru dilantik ini adalah pengesahan APBD Perubahan Provinsi Jabar 2014. Menurut Yod, pengesahan harus segera dilakukan agar dalam sisa waktu di 2014 ini, program pembangunan yang telah dicanangkan bisa terealisasi. Selain itu, Yod memastikan, DPRD Jabar tidak akan terlambat dalam membahas rancangan APBD 2015.

“Tentu ini juga penting agar pembangunan di 2015 bisa berjalan lebih baik,” kata anggota dewan dua periode ini.

Tidak hanya itu, menurut Yod, DPRD Jabar pun harus menyelesaikan sejumlah program legislasi daerah yang telah dicanangkan pada 2014 ini. Meski tinggal tersisa sekitar dua bulan lagi, Yod optimistis dewan bisa menyelesaikan pembahasan prolegda tersebut. “Kalau tidak salah ada 10 prolegda lagi. Kami optimis dalam waktu dua bisa menyelesaikannya,” kata Yod.

Seperti diketahui, DPRD Jabar telah menetapkan pimpinan definitif yang akan diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri. Kelima pimpinan definitif DPRD Jabar itu adalah Ineu Purwadewi (Ketua DPRD Jabar, dari PDIP), Irianto M.S. Syafiuddin (Wakil Ketua DPRD Jabar, dari Partai Golkar), Abdul Haris Bobihoe (Wakil Ketua DPRD Jabar, dari Partai Gerindra), Irfan Suryanagara (Wakil Ketua DPRD Jabar, dari Partai Demokrat), dan Haris Yuliana (Wakil Ketua DPRD Jabar, dari PKS).

Leave a Reply