Ahmad Syaikhu : Petani Harus Sejahtera

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Cawagub Jabar Ahmad Syaikhu menjelaskan bahwa pentingnya peran petani bagi kehidupan. Menurut dia, dengan adanya petani, beras di Jabar khususnya menjadi melimpah.

“Kita semua sangat memerlukan petani, karena setiap hari kita butuh makan. Apalagi pola makan penduduk Indonesia ini yang tadinya mengkonsumsi berbagai keragaman pangan, kini sudah banyak beralih ke padi atau beras,” ujar Syaikhu disela-sela kunjungan nya di Kabupaten Karawang.

Dia mengatakan, bahwa petani yang ada di Jabar harus sejahtera, karena lanjut dia, saat ini justru para petani sudah mulai tersingkir kan. Bagaimana tidak, saat ini menurut dia, lahat pertanian semakinĀ  mengecil, berdasarkan data pertanian, di Karawang, lahan pertanian yang tadinya 187.000 hektar kini tinggal 87.000 hektar.

“Jika petani dan buruh tani tidak sejahtera, maka mereka akan berfikir praktis untuk menjual lahan-lahan mereka. Kalau pola pikirnya seperti itu semua, tidak ada yang bertani, dampaknya secara makro maka negeri kita akan kekurangan pangan dan impor-impor pangan akan terus membanjiri negeri kita tercinta ini,” tutur Syaikhu.

“Tentu kita tidak menginginkan hal itu terjadi, oleh karena itu kami pasangan ASYIK, Pak Sudrajat dan saya sepakat bagaimana untuk terus merevitalisasi lahan pertanian supaya ada lahan pertanian abadi, boleh berganti kepemilikan namun tidak boleh beralih fungsinya, serta memberikan stimulus berupa alat-alat pertanian, seperti traktor atau alat-alat pertanian yang dibutuhkan oleh para petani,” paparnya.

Share This

Leave a Reply