Aher Ungkapkan Kriteria Pemimpin Jabar

Oleh :  Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com –  Pemilihan Gubernur Jabar hanya tinggal hitungan bulan saja, beberapa nama pun sudah bermunculan ke permukaan. Gubernur Jabar Ahmad Heryawan punya kriteria sendiri seperti apa yang pantas menggantikan dirinya sebagai Gubernur Jabar.

Pria yang akrab disapa Aher ini mengungkapkan, sosok kepemimpinan Jabar kedepan harus mampu menjawab dan menyelesaikan tantangan pembangunan. Diantaranya kepemimpinan yang mampu menjalankan pemerintahan model Hybrid.

“Yang dimaksud adalah pengelolaan pembangunan Jabar yang memadukan pembangunan berbasis daerah otonom, metropolitan dan pusat pertumbuhan,” jelasnya di Bandung, Kamis (14/12).

Kedua, menurut Aher, kepemimpinan yang mampu membangun sosok generasi baru yang memiliki kemampuan keberhasilan kembar yaitu Imtaq dan Iptek. Selanjutnya, kepemimpinan yang mampu membentuk birokrasi cerdas melalui strategi transformasi mutu dan akuntabilitas. Dan kepemimpinan yang mampu mengimplementasikan konsep Quadruple Helix yaitu pola sinergi melalui pendekatan empat aktor utama pembangunan diantaranya akademisi, pelaku usaha, pemerintah dan komunitas.

Aher menuturkan, terdapat tujuh tantangan besar untuk akselerasi pembangunan di Jabar. Yaitu pentingnya melahirkan negarawan, melahirkan pemikir-pemikir besar, pengusaha besar, pemimpin nasional, tokoh agama dan tokoh masyarakat, pentingnya maenciptakan Jabar sebagai bagian dari sistem Indonesia multi akses serta pentningnya adaptasi Jabar dalam rangka transformasi Indonesia menjadi negara berbudaya Industri.

“Untuk kehadiran kepemimpinan daerah sangat penting dalam memandu proses pelaksanaan tujuh tantangan besar tersebut untuk kemajuan pembangunan Jabar melalui suasana kondusif, dukungan fasilitas, sistem birokrasi cerdas dan mengapresiasi kepada para pelopor pembangunan Jabar,” tutur Aher.

Aher juga menyebutkan sosok kepemimpinan masa depan Jabar haruslah memiliki karakter cerdas, sehat dan cermat, produktif dan berdaya saing tinggi, mandiri dan pandai mengatur diri, berdaya tahan tinggi dalam persaingan, pandai membangun jejaring dan persahabatan global, berintegritas tinggi, serta bermartabat.

Leave a Reply