Aher Tunjuk Abbas Bashari Tempati Jabatan Wali Kota Tasikmalaya

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melantik Abbas Bashari‎ sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tasikmalaya.

Abbas yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Pemerintahan Umum Pemprov Jabar ini, diberikan mandat untuk memimpin sementara Kota Tasikmalaya dari kekosongan kursi jabatan wali kota. Abas diberikan kesempatan memimpin Kota Tasikmalaya selama 3 bulan 13 hari.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan berharap, Plt Wali Kota Tasikmalaya bisa bekerja sama dengan DPRD Tasikmalaya dan SKPD (satuan kerja perangkat daerah) untuk menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan di Kota Tasikmalaya.

“Jadi nanti Plt ini hanya mengisi waktu cuti petahana karena mengikuti kampanye pilkada serentak. Selesai masa kerja sampai menjelang hari tenang sekitar tanggal 2 Februari 2017,” terang Gubernur di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (26/10).

Disinggung pengangkatan Plt di Kota Cimahi dan Bupati Bekasi yang sama-sama menggelar pilkada serentak, pria yang akrab disapa Aher ini menyatakan, tak perlu pengangkatan Plt.

Pasalnya, wakil wali kota dan bupatinya tidak ikut pilkada. Sehingga, kata Aher, secara otomatis, para wakil ini menggantikan tugas bupati dan wali kota.

“Dua daerah lain tidak ada masalah karena wakilnya gak maju, Cimahi dan Bekasi, hanya Kota Tasikmalaya aja. Kalau Cimahi sama Bekasi (wakilnya) menjalankan kewenangan tugas wali kota dan bupati,” katanya.

Sementara itu, Plt Kota Tasikmalaya Abbas Bashari mengatakan, dalam waktu yang singkat ini, pihaknya akan berupaya melaksanakan pilkada di Kota Tasikmalaya menjadi pesta rakyat yang jujur dan adil.

“Tugasnya bagaimana menciptakan pilkada di Tasikmalaya yang jurdil dan kondusuif,” katanya

Leave a Reply