Aher Taraweh di Masjid Salman ITB

salman1
Bandung-Gubernur Jabar Aher melakukan safari Ramadhan di masjid Salman ITB, Jumat 4\7. Setelah menjadi imam shalat Isyak, Aher didaulat menjadi penceramah menjelang shalat Tarawih.

Dalam ceramahnya di hadapan ratusan jamaah yang mayoritas mahasiswa itu  Aher menyatakan sumber kemakmuran sudah ada di negara kita, tinggal perlu dilakukan pengelolaan yang lebih baik dengan renegosiasi dan lobi yang lebih baik lagi.” Bulan ramadhan ini semoga  menjadi momentum kebangkitan bangsa Indonesia”,imbuhnya.

Lanjut Aher, di bulan suci ini bangsa kita akan mempunyai agenda penting yaitu pilpres pada 9 Juli 2014. Semoga pilpres menghadirkan pemimpin yang bisa membangun kebaikan-kebaikan untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.

Negara hadir untuk tiga tujuan yaitu menghadirkan kesejahteraan, menghadirkan keamanan dan menghadirkan penghambaan manusia kepada Tuhannya. Sehingga tidak boleh membatasi tujuan negara hanya sebatas sejahtera dan aman. Makanya agama sangat penting. “Dengan agama hidup jadi terarah, dengan ilmu hidup jadi mudah dan dengan seni hidup jadi indah”.

Maka dari itu tugas kepala negara adalah menjaga agar rakyatnya bisa menunaikan agamanya dengan baik. Tugas berikutnya adalah membangun dunia dengan pendekatan ilmu dan teknologi untuk kesejahteraan dan kemajuan bangsa. Kesejahteraan ini  sebagai bekal beribadah.”Jangan sampai negara ini kena penyakit negara kaya raya tapi rakyat miskin”.

Di bulan Ramadhan ini juga sebagai sarana untuk kebangkitan kaum muda Indonesia.Puasa bukan untuk loyo dan bermalas-malasan. Meskipun tidurnya orang berpuasa itu adalah ibadah. Namun sebagai kaum intelek harus mempunyai cara pandang yang lebih mendalam.”Tidurnya saja mempunyai nilai ibadah apalagi prestasi dan kerjanya dalam membangun bangsa, pasti akan lebih bernilai ibadah”,tegasnya.

Peran kaum muda sangat menentukan kemajuan sebuah bangsa. Agama Islam mengajarkan agar umatnya bisa maju dan sejahtera. Dari sepuluh sahabat nabi yang dijamin masuk surga, sembilan orang diantaranya adalah para saudagar kaya. “Harta yang banyak akan lebih bermakna jika dipegang oleh orang-orang baik”,imbuhnya.

Ramadhan harus mampu membangkitkan semangat beribadah. Salah satu syarat psikologis untuk mendapatkan berkah Ramadhan adalah menyambutnya dengan rasa suka ciata dan bahagia. “Kebahagiaan yang dirasakan seperti berbahagia menyambut tamu agung”, imbuhnya.

Selain itu pada bulan yang agung ini, sabda nabi yang paling terkenal tentang keistimewaan ramadhan  yaitu pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setan dibelenggu. Keindahan alam surga itu tidak bisa dijangkau oleh  imajinasi kita.Dalam perumpamaan di surga ada sungai madu, sungai susu dan sungai khomer (arak).”Rasul bersabda surga itu adalah tempat dimana mata belum pernah melihat, telinga belum pernah mendengar tentangnya dan pikiran manusiapun tidak bisa berimajinasi”, tandasnya.

Keutamaan berikutnya adalah setan dibelenggu, makna dibelenggu di sini adalah makna setan benar-benar tidak bisa menggoda manusia untuk berbuat jahat. Sehingga dorongan nurani manusia untuk beribadah lebih besar di bulan ramadhan ini. Terbukti pada bulan ini masjid menjadi penuh dan suasana kehidupan beribadah terasa lebih kental. Karena setan dibelenggu, maka dorongan berbuat jahat di bulan ramadhan ini justru datang dari nafsu diri sendiri.

Share This

Leave a Reply