Aher Sebut Jumlah RKB SMP dengan SMA Masih Jomplang‬

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

‪Jurnal Bandung – Pemprov Jawa Barat terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan. Tahun ini, sedikitnya 4.000 ruang kelas baru (RKB) untuk SMA/SMK akan dibangun tersebar di seluruh Jabar.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengungkapkan, penambahan RKB ini dilakukan guna menekan angka drop out (DO) siswa.‬

‪Selain itu, dengan adanya penambahan RKB, Gubernur yang akrab disapa Aher ini menginginkan jumlah RKB SMP dan SMK sama.

Pasalnya, menurut Aher, perbandingan jumlah RKB antara SMP dan SMA hingga kini masih jomplang.

Akibatnya, kata Aher, masih banyak lulusan SMP yang tak bisa melanjukan sekolah karena kuota bangku sekolahnya sudah habis.‬

‪”Artinya jenjang pendidikan harus harus sampai tingkat SMA. Saya ingin tidak ada siswa putus sekolah gara-gara kehabisan kuota bangku sekolah,” terangnya.

‪Disebutkan Aher, kekurangan RKB ini umumnya dialami wilayah-wilayah kabupaten. Sementara di wilayah perkotaan, RKB antara SMP dan SMA sudah sebanding.‬

‪”Kami juga akan membangun SMA atau SMK negeri jika di suatu daerah, misalnya di satu kecamatan, belum ada SMA atau SMK untuk menyerap siswa SMP yang ada di situ,” terangnya.

Aher menambahkan, persoalan itu ditargetkan bisa selesai 2018 mendatang. Sehingga, saat itu, jumlah lulusan SMP dengan kuota bangku SMA bisa sebanding. ‬

‪”Jadi ke depan, jika ada 700.000 lulusan SMP, maka harus ada pula 700.000 ribu pula bangku SMA untuk menampungnya,” katanya.

Share This

Leave a Reply