Aher-Rustam Wacanakan Direct Flight Jabar-Babel

Oleh: Redaksi

Foto Redaksi
Foto Redaksi

Jurnal Bandung – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Rustam Effendi mewacanakan penerbangan langsung (direct fligt) Jabar-Babel.

Wacana tersebut didasari banyaknya warga asal Jabar yang menetap di Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dan masyarakat Babel yang sering ke Jabar dengan tujuan pendidikan, bisnis, maupun wisata.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengungkapkan, dirinya sempat membahas ide kerja sama tersebut dalam pertemuannya Rustam.

“Ada ide kerja sama membuka jalur penerbangan. Supaya masyarakat sini (Bangka Belitung) yang ke Jawa Barat tidak perlu ke Cengkareng dulu karena jarak Cengkareng ke Jawa Barat-nya lebih lama dari pada penerbangannya. Kita ingin ada penerbangan direct,” ungkap Aher dalam pers rilis yang diterima jurnalbandung.com, Kamis (4/8).

Terkait hal tersebut, dia menjelaskan, akan mempelajari kondisi dan kesiapan Bandara Husein Sastra Negara di Bandung, termasuk situasi Bandara Depati Amir di Kota Pangkal Pinang. Tak lupa, pihaknya juga akan berkonsultasi dengan instansi berwenang terkait ide tersebut.

Namun, lanjut Aher, pihaknya akan lebih siap dan yakin mewujudkan wacana tersebut jika Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka selesai pembangunannya. Seperti diketahui, setelah diambil alih pemerintah pusat dan didanai APBN, bandara ini dijadwalkan rampung 2017 atau awal 2018 mendatang.

Aher yakin, bandara seluas 1.800 hektare itu akan menjadi bandara terbesar di daerah yang mampu melayani berbagai penerbangan, termasuk penerbangan Jabar-Babel ini.

“Tentu kita akan lihat suasana Husein Sastranegara seperti apa, kemudian kalau nanti ada bandara baru yang sudah jadi, itu sudah sangat nyaman karena BIJB itu akan jadi bandara besar di daerah,” jelas Aher.

“Kalau Kertajati jadi, sudah sangat gampang,” imbuhnya.

Leave a Reply