Aher Resmikan Cancer Center RSUD Al-Ihsan

Oleh : Dadan Burhan

JurnalBandung.com – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan bersama Ketua Penggerak PKK Jawa Barat Netty Prasetyani meresmikan Gedung Cancer Centre RSUD Al-Ihsan (Pusat Pelayanan Kanker), di RSUD Al-Ihsan Jalan Kiastramanggala Baleendah Kabupaten Bandung, Kamis (30/11).

Peresmian Gedung ini juga ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Jawa Barat, dan pelepasan merpati sebagai simbol bahwa Cancer Centre RSUD Al-Ihsan ini sudah diresmikan.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengucapkan rasa syukur, bahwa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al-Ihsan yang dimiliki oleh Provinsi Jawa Barat sudah melengkapi berbagai fasilitasnya, yaitu dengan adanya pusat pelayanan kanker  (Cancer Centre).

“Bagi masyarakat yang terkena kanker sekarang memungkinkan pelayanan lebih cepat karena ini cukup besar kapasitasnya insya allah bisa lebih melayani masyarakat dan bisa menyelesaikan mudah-mudahan,” ujar Aher.

Dijelaskan Aher, sekarang di Provinsi Jawa Barat sudah memiliki tiga Rumah Sakit yang mempunyai pelayanan terpadu atau yang disebut dengan Cancer Centre.

“Di kawasan Bandung atau Jawa Barat sendiri ada tiga yakni RSUD Hasan Sadikin, Santosa, Al-Ihsan, semua rumah sakit punya layanan akan tetapi yang terpadu atau centre itu baru tiga di kawasan Bandung Raya,” katanya.

Selanjutnya kata Aher, di setiap rumah sakit yang berada di daerah Jawa Barat semuanya mempunyai pelayanan kanker, akan tetapi kalau pelayanan terpadu baru tiga rumah sakit.

“Pelayanan kanker ada dimana-mana di Sukabumi, Cirebon, Bekasi, tapi yang terpadu tiga, biasanya kalau penanganan penyakit di Cirebon atau didaerah lain tidak bisa dilayani dirujuk kesini, kalau Bogor bisa di Jakarta, harapannya mudah-mudahan ini bisa melayani masyarakat lebih luas lagi,” pungkasnya.

Dokter onkologi radiasi Faisal Adam sebagai penanggung jawab di cancer center Rsud Al Ihsan memberikan keterangan serta memperlihatkan alat baru tele therapy untuk penyinaran kanker kepada Gubernur Jabar dan tamu undangan.

“Di cancer centre ini juga melayani Poliklinik Onkologi, Radioterapi, Kemoterapi, Bedah Onkologi, dan Rawat Inap Onkologi,” kata Adam.

Hadir dalam peresmian cancer center RSUD Al Ihsan wakil Bupati Bandung Gungun Gunawan.

Dalam sambutannya Gun Gun mengatakan, atas nama pemerintahan Kabupaten Bandung mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Pemprov Jabar atas dibangunnya cancer center yang tentunya akan membantu masyarakat Kabupaten Bandung khususnya.

“Kami berharap ke depannya RUD Al Ihsan  ini mampu bersinergi dengan 3 RSUD yang ada di Kabupaten Bandung khususnya dalam peningkatan pelayanan kesehatan bagi warga Kabupaten Bandung,” ungkap Gungun.

Leave a Reply