Aher Putuskan Gedung Kesenian Bertaraf Internasional Dirancang Arsitek Lokal

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan, pembangunan gedung kesenian bertaraf internasional akan melibatkan arsitek lokal.

Keputusan tersebut diambil pasca meninggalnya arsitek asal Inggris Zaha Hadid. Sebelumnya, Pemprov Jabar akan memakai jasa Zaha Hadid untuk membuat konsep arsitektur gedung kesenian yang lokasinya berada di Cikutra, Kota Bandung tersebut.

“Karena memang untuk biaya konsepnya saja cukup besar dan harus dibebankan ke pihak ketiga. Saya khawatir jika mengejar seperti konsep awal cukup mahal,” ungkap Heryawan kepada jurnalbandung.com di Bandung, Selasa (5/4).

Menurut Gubernur yang akrab disapa Aher itu, arsitek lokal pun banyak yang bagus. Dia pun yakin kualitas arsitek lokal takkan kalah dengan arsitek kelas internasional.

“Contohnya di ITB dan UGM. Arsitek dari kedua kampus ini bisa kita kolaborasikan. Desainnya juga banyak yang kelas internasional. Saatnya kita menghargai anak bangsa sendiri. Saya kira kualitasnya bagus dan top seperti arsitek luar negeri,” pungkasnya.

Share This

Leave a Reply