Aher: Perbaikan Jalan Ambles di Kuningan Akan Tuntas 3 Bulan

Oleh: Yuga Khalifatusalam

‪Jurnalbandung.com – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meninjau jalan ambles di Desa Kawah Manuk, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Kamis (23/2).

Setelah melihat langsung dan berkomunikasi dengan pihak terkait, pria yang akrab disapa Aher ini mengatakan, perbaikan jalan ambles ini diperkirakan bisa diselesaikan satu bulan lebih. Jika sampai normal kembali, diperkirakan hingga tiga bulan.‬

‪”Saat ini sudah langsung ditangani oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat. Perbaikan langsung dikerjakan dengan target hingga bisa dilalui sekitar satu setengah bulan dan pembangunan tebing proteksi hingga tiga bulan ke depan,” paparnya.‬

‪Dia mengatakan, perbaikan kini sudah dimulai dengan pengeboran tanah untuk pemasangan tiang pancang.

‪”Setelah pengeboran dilanjutkan dengan pengecoran bawah kemudian setelah itu dipasang gorong-gorng untuk saluran air,” terangnya.

Gorong-gorong yang dibangun, kata Aher, jumlahnya 22 unit dengan ukuran dua meter persegi atau empat kali lebih besar dan lebar dibandingkan ukuran gorong-gorong sebelumnya agar sanggup menampung air dalam jumlah banyak.

Gorong-gorong besar sekali, kita saja masuk ke situ. Sehingga, selain bisa lebih banyak menampung air, dalam pemeliharannya juga lebih mudah, seperti mengangkut sampah pun akan lebih mudah,” ujarnya.

Setelah pembuatan gorong-gorong, kemudian dilanjutkan dengan pembangunan jalan serta pembuatan tebing proteksi agar lebih kuat.

“Meskipun jalan kini mati total, namun pengriman barang logistik dan sebagainya tidak terganggu karena kami langsung menyiapkan jalur alternatif yang memadai,” pungkas Aher.

Leave a Reply