Aher: Kahatex Akan Bongkar Bangunan Penyebab Banjir

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengungkapkan, PT Kahatex akan membongkar bangunan miliknya yang menutup aliran sungai.

Menurut pria yang akrab disapa Aher ini, keputusan pembongkaran diambil setelah pertemuan dengan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK).

“Itu salah satu keputusan rapat dengan Pak Wapres. Waktu itu pimpinan Kahatex datang,” ungkap Aher di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (11/1).

Dalam pertemuan tersebut, Aher mengaku bercerita banyak tentang lingkungan dan kondisi Sungai Citarum saat ini.

“Kita cerita tentang lingkungan, membicarakan tentang sungai. Dan memang secara aturan kan tidak boleh ada bangunan di atas sungai, bahkan di sempadan juga gak boleh,” katanya.

Akhirnya, lanjut Aher, dalam pertemuan tersebut diperoleh kesepakatan dari pihak PT Kahatex untuk membongkar bangunan yang menutupi sungai dan kerap menyebabkan banjir di ruas jalan nasional Bandung-Garut itu.

Namun, saat ditanya kapan pembongkaran itu dilakukan, Aher tak bisa menjawabnya. Aher beralasan, upaya pembongkaran tengah diurus oleh tim khusus.

“Pak Anang (Kepala BPLHD Jabar) akan segera rapat teknis dengan Kahatex atau BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai), untuk segera mengatur jadwal pembongkaran,” tandasnya.

Share This

Leave a Reply