Aher: ITB Luar Domisili Harus Berdampak Positif bagi Daerah

Oleh: Bayu Wicaksana

Foto net
Foto net

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berharap, rencana pembangunan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) di luar domisili membawa dampak positif bagi pembangunan di daerah, tempat kampus ITB luar domisili tersebut berdiri.

Untuk diketahui, ITB akan membangun kampus di Kabupaten Bekasi dan Kota Cirebon. Aher, sapaan akrab Heryawan juga berharap, bidang studi yang akan dibuka di kampus baru itu pun berkaitan dengan potensi dan kondisi daerah sekitar.

Sebagai contoh, kata Aher, bidang studi yang akan dibuka ITB di kampus Cirebon berkaitan dengan pertanian, industri, dan kedirgantaraan.

“Tentu Cirebon ada pertaniannya. Mungkin juga industri karena ada pelabuhan yang akan diperbesar, ada juga bandara, dekat hanya 40 kilometer. Itu harus jadi perhitungan,” tutur Aher kepada Jurnal Bandung.com di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (26/1).

Untuk kampus Bekasi pun, lanjut Aher, ITB diharapkan mampu menciptakan sumber daya manusia yang mendorong perkembangan industri, mengingat di daerah tersebut terdapat banyak industri.

“Sehingga link and match antara pendidikan dengan industri sangat bagus,” katanya.

Aher menyebutkan, sebagai bentuk dukungan, Pemprov Jabar akan menghibahkan lahan untuk pembangunan kampus ITB di Cirebon. Lahan seluas 19 hektare itu sudah dihibahkan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Cara ini, kata Aher, berbeda dengan proses hibah yang diberikan kepada kampus swasta yang berubah menjadi kampus negeri.

“Ini beda dengan (kampus) swasta yang dinegerikan. Ini negeri membuat kampus di luar domisili, beda nuansanya,” ucap Aher.

Adapun untuk kampus ITB di Bekasi, kata Aher, lahan yang digunakan berasal dari hibah Pemkab Bekasi seluas 40 hektare. Dia memuji langkah Pemkab Bekasi yang menghibahkan lahan yang luas dan nilainya dianggap fantastis itu.

“Pemkab Bekasi menyediakan lahan tersebut untuk ITB di luar domisili 40 hektare. Harga per meternya 5 juta (rupiah). Dahsyat, dihibahkan oleh pemkab. Hebat, berpandangan ke depan untuk kemajuan Bekasi. Apresiasi Pemkab Bekasi,” pungkasnya.

Share This

Leave a Reply