Aher Dorong Regulasi Keaslian Batu Akik

Kasatpol PP Sulawesi Selatan Memakaikan Batu Akik
Foto net

Oleh: Redaksi

Jurnal Bandung – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mendorong pembuatan regulasi yang mengatur tentang keaslian batu akik.

Dorongan tersebut disampaikan Aher, sapaan akrab Gubernur mengingat fenomena batu akik yang kini sudah menasional.

“Saya minta pengurus¬†Himpunan Insan Penggemar Akik dan Batu Mulia Nusantara (HIPAN)¬†agar segera membuat regulasi dalam menjaga keaslian batu akik ini. Jangan sampai nanti ada batu akik palsu yang bisa merusak pasar dan merusak kepercayaan masyarakat terhadap batu akik,” tutur Aher seusai mengukuhkan pengurus HIPAN di gedung RRI, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Minggu (31/5).

Namun, lanjut Aher, untuk harga batu akik sendiri, pihaknya memilih menyerahkan hal tersebut kepada masyarakat luas. Sebab, kata Aher, yang dihargai dari sebuah batu akik adalah keindahannya berdasarkan kesepakatan antara penjual dan pembeli.

“Yang penting, jaga keasliannya,” ucap Aher.

Fenomena batu akik diyakini bisa mendorong peningkatan ekonomi masyarakat. Terlebih, kini berdiri HIPAN sebagai wadah bagi para penggemar batu akik, termasuk para pengrajin, penambang, dan kolektor di seluruh Indonesia.

“Kita mengharapkan bisa bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui batu akik,” kata ketua HIPAN yang baru dilantik Herlas Yuniar.

Leave a Reply