Aher dan Rombongan Tinjau Pilkada Serentak di Kota Cimahi

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com –  Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meninjau sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Cimahi, Rabu (15/2).

Dalam peninjauan ini, Gubernur Jabar yang akrab disapa Aher ini tidak sendirian, melainkan dengan sejumlah anggota DPRD Jabar, kepala dinas, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jabar. Aher dan rombongan berangkat dari rumah dinasnya di Gedung Pakuan menggunakan bus.

Aher beserta rombongan meninau tiga TPS di Kota Cimahi, di antaranya TPS 01 Kelurahan Padasuka, TPS 35 Kelurahan Baros, dan TPS 4-5 di Kelurahan Leuwi Gajah.

Dalam kesempatan tersebut, Aher menyatakan, pemilihan kepala daerah (pilkada) yang dilaksanakan di Kota Cimahi dan dua daerah lainya, yaitu Kabupaten Bekasi dan Kota Tasikmalaya berjalan aman dan kondusif.

Oleh karenanya, dia menyampaikan terima kasihnya terhadap seluruh pihak yang membantu pelaksanaan Pilkada Serentak 2017 di Jabar berjalan lancar.

“Aman nyaman ayem tidak ada riak. Karena itu saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang tengah menyelemggarakan pilkada. KPU, Bawaslu, dan pihak terkait lainnya, termasuk masyarakat sebagai pemilik hak suara,” tutur Aher.

Aher menyanjung para pasangan calon (paslon) dan pendukungnya yang senantiasa menjaga kondusivitas di Jabar. Dia juga mengungkapkan, berdasarkan laporan yang diterimanya, pelaksanaan pilkada di dua daerah lainnya pun berlangsung aman dan lancar.

“Kita bisa mengatakan bahwa pilkada di tiga kabupaten bisa berjalan dengan lancar,” tegasnya.

Saat disinggung mengenai dugaan terjadinya kampanye gelap atau black capaign yang mungkin terjadi di tiga daerah tersebut, Aher menjelaskan, segala laporan mengenai dugaan pelanggaran pemilu terpusat Bawaslu.

Kalaupun ada, lanjut Aher, dugaan pelanggaran tersebut akan di proses secara hukum. Dia juga meyakinkan, kalaupun ada, tidak terjadi secara umum dan masif, melainkan secara personal.

“Ada saja riak kecil, tapi secara umum bisa dikatakan aman lancar damai harmonis, nggak ada gangguan yang berarti,” ujarnya.

Dia pun mengimbau seluruh masyarakat di tiga daerah pelaksana pilkada untuk menggunakan hak suaranya. Apalagi, pemerintah menetapkan hari libur nasional pada pilkada saat ini untuk memudahkan masyarakat memilih pemimpin yang sesuai dengan hati nuraninya.

Share This

Leave a Reply