Aggota DPR ini Prihatin, Pelaksanaan Haji masih Kacau

Oleh: Yuga Khalifatusalam

foto net
foto net

Jurnal Bandung – Meskipun pelaksanaan haji tiap tahunnya diikuti ribuan jamaah, namun permasalahan demi permasalahan yang menyertainya tidak pernah terselesaikan dengan baik.

Wakil Ketua DPR Ri Komisi VIII Sidiq Mudjahid pun angkat bicara. Menurut politisi dari Partai Gerindra ini, selama ini, penyelenggaran ibadah haji oleh Kementerian Agama tak pernah terkelola dengan baik. Para jamaah pun tidak mendapatkan pelayanan yang baik. Padahal para jemaah Indonesia harus membayar mahal.

“Saya merasa prihatin dengan kinerja Kementerian Agama. Terlebih pelayanan untuk para jemaah haji belum optimal. Baik itu pelayanan untuk akomodasi para jemaah haji maupun dari sisi lainnya. Itu lokasinya sangat jauh dengan mesjid,” katanya kepada Jurnal Bandung di Bandung, Sabtu (20/12).

Selama ini, menurut dia, Kementerian Agama kurang berkoordinasi dengan Pemerintah Arab Saudi. Terbukti, hingga kini, fasilitas yang didapat oleh jemaah haji asal Indonesia tidak maksimal.

“Mestinya pemerintah pusat melakukan pendekatan-pendekatan kepada Pemerintah Arab Saudi, tetap saja ada masalah di bawahnya,” ungkapnya.

Seharusnya, kata dia, para jemaah haji asal Indonesia mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang baik. Mengingat, jemaah haji asal Indonesia bisa dikatakan paling banyak.

“Jemaah haji dari Indonesia itu sangat banyak dibandingkan dengan negara lain. ¬†Bahkan jumlahnya lebih dari 300.000 orang per tahunnya. Selain itu jemaah haji asal Indonesia lebih tertib,” katanya.

Oleh karena itu, dia berharap, pemerintahan baru di bawah Jokowi-JK bisa memperbaiki carut marut masalah haji yang hampir setiap tahun selalu terulang.

“Pembersihan di tubuh Kementerian Agama, karena disana banyak masalahnya. Pejabat-pejabatnya banyak meminta uang lebih. Perbaikan kinerja aparat dan juga pengawasan. Lambatnya kontrak karena pemerintah Indonesia lambat dalam pengurusan hal itu, berbeda dengan Malaysia,” pungkasnya.

Share This

Leave a Reply