800 PJU “Pintar” Akan Dibangun di Kota Bandung

Oleh: JB-02

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Tahun ini, sebanyak 800 lampu penerangan jalan umum (PJU) smart system atau PJU “pintar” akan dibangun tersebar di seluruh Kota Bandung.

Kepala Bidang Pengelolaan Bahan dan PJU Dinas Binamarga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung Rosyidi Santono mengatakan, melalui aplikasi khusus yang tersimpan dalam PJU pintar ini, semua PJU dapat dikendalikan melalui komputer.

Menurut Rosyidi, kini, PJU pintar baru terpasang 70 titik di tiga wilayah Kota Bandung yakni kawasan Jalan Taman Sari, Surapati, dan Merdeka. PJU berbasis smart system ini, kata dia, memberi banyak kemudahan dan keuntungan.

Melalui sistem ini, lanjut Rosyidi, PJU dapat diatur sedemikian rupa, seperti dapat meredup otomatis pada waktu-waktu tertentu. Sistem ini pun diklaimnya lebih hemat listrik.

Selain itu, semua kerusakan yang terjadi pada PJU akan mudah terlihat di komputer. Pasalnya, secara otomatis, sistem akan mengirimkan notifikasi terkait kerusakan yang terjadi.

“Kalo ada trouble di lampu dan listrik ada report ke kita secara otomatis. Kita tinggal masuk masuk ke web id-nya dan kita bisa buka reportnya. Kita bisa lihat semua titik PJU di komputer,” terang Rosyidi kepada Jurnal Bandung, Minggu (28/6).

Rosyidi menambahkan, PJU pintar ini diadopsi dari sejumlah negara maju yang telah menerapkan sistem serupa seperti Amerika Serikat dan China. Solo, Bali, dan Jakarta, imbuh Rosyidi, juga telah memakai PJU serupa.

Disinggung soal anggaran, Rosyidi mengataan, tahun ini, tersedia dana sekitar Rp62 miliar untuk pengelolaan PJU di seluruh Kota Bandung. Rp30 miliar di antaranya digunakan untuk biaya pemeliharaan, sedangkan sisanya untuk penambahan PJU.

“Anggaran untuk pembangunan PJU pintar ini kita ambil dari dana yang Rp30 miliar itu. Namun, belum bisa dipastikan berapa biayanya. Dalam waktu dekat  baru bisa diketahui,” tandasnya.

Share This

Leave a Reply