6 Ribu Domain akan Dibagikan Gratis pada UMKM di Jabar

Oleh: Bayu Wicaksana

foto net
foto net

Jurnal Bandung – Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendorong pelaku koperasi serta usaha mikro kecil dan menengah untuk memanfaatkan teknologi informasi komunikasi (TIK). Cara ini diyakini akan mengembangkan dan memudahkan gerak bisnis para pelaku.

Kepala Dinas KUMKM Jabar Dudi Sudradjat Abdurachim mengatakan, pemanfaatan (TIK) seperti ponsel pintar sangat membantu dan membuat hidup lebih mudah.

Fenomena konvergensi semua menuju satu titik dengan memanfaatkan teknologi informasi komunikasi akan mempercepat rantai-rantai dan memperluas jejaring usaha para wirausaha.

“Semua serba mudah dan cepat. Kita bisa membaca berita, membeli barang, dan lainnya dengan klik smartphone kita. Begitu untuk menjual dan mempromosikan produk-produk KUMKM bisa melalui smartphone,” kata Dudi kepada jurnalbandung.com di Gedung Sate, Bandung, Rabu (16/3).

Dia menjelaskan, dukungan pemerintah terhadap para pelaku dibuktikan dengan memberikan sejuta domain gratis bagi KUMKM. Ini merupakan program dari Kementerian Informasi dan Komunikasi.

“Untuk di Jabar, kita targetkan tahun 2016 sebanyak 6.000 nama domain gratis bagi KUMKM dan wirausaha,” sebutnya.

Menurutnya, modal bukan kendala utama bagi wirausaha untuk mengembangkan usahanya. Justru, kepercayaan, kejujuran, keuletan serta kemauan menjadi hal penting bagi wirausaha untuk maju.

“Modal akan datang bila kita menjaga kepercayaan. Kita harus yakinkan kepada konsumen bahwa produk kita berkualitas dan dapat dipercaya. Tanpa kepercayaan usaha kita tidak jalan,” tuturnya.

Dukungan serupa juga diberikan pihaknya yang menggandeng PT Kudo Indonesia membagikan 100 tablet (ponsel pintar) bagi KUMKM. Sebanyak 50 tablet di antaranya diberikan kepada wirausaha baru Jabar.

“Tablet ini sangat bermanfaat untuk mempromosikan dan mempermudah penjualan produk para pelaku,” pungkasnya.

Leave a Reply