400 Polisi Diterjunkan Atasi Kendaraan yang Terjebak Banjir Rancaekek

Oleh: Dadan Burhan AA

Foto Dadan Burhan AA
Foto Dadan Burhan AA

Jurnal Bandung – Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Sugihardi mengatakan, banjir yang terjadi di Jalan Raya Bandung-Garut menyebabkan banyak kendaraan terjebak dalam kemacetan.

Untuk mengatur arus lalu lintas, pihaknya menurunkan 200 anggota Polda Jawa Barat di tambah personel dari Polres Sumedang dan Polres Bandung sekitar 200 anggota.

“Hampir 400 anggota polisi yang diturunkan untuk mengatur arus kendaraan yang mogok terjebak banjir. Jalan protokol dari kedua arah, baik dari arah Bandung tujuan Garut sebaliknya tertutup air setinggi hampir satu meter,” terang Sugihardi kepada Jurnalbandung.com di lokasi banjir, Selasa (1/11).

Menurutnya, badan jalan yang tergenang air paling parah berada di sekitar depan PT Kahatek dan PT Vonex. Untuk mengatasi kendaraan yang terjebak, arus lalu lintas dari arah Tol Cileunyi dialihkan sementara lewat Cibeusi Jatinangor.

Selanjutnya masuk Simpang dan keluar dari Parakanmuncang selanjutnya menuju Garut. Sedangkan dari arah Garut tujuan Bandung sempat dialihkan melewati Cicalengka-Majalaya. Hanya saja, daerah tersebut juga sebagiannya tergenang air, sehingga pengalihan arus dihentikan.

Selain pengaturan lalu lintas, lanjut Sugihardi, dua kendaraan alat berat diturunkan untuk mengevakuasi kendaraan yang mogok, di antaranya kendaraan derek dan penyedot air.

“Air yang menggenangi badan jalan terus disedot, sedangkan kendaran derek disiapkan untuk antisipasi bila ada kendaraan yang mogok,” terangnya.

Menurutnya, banjir yang melanda Rancaekek dan sekitarnya ini merupakan banjir besar yang terjadi selama dua tahun ke belakang.

Share This

Leave a Reply