325 Atlet Jabar Akan Berlaga di Tafisa 2016

Oleh: Redaksi

Foto Istimewa
Foto Istimewa

Jurnal Bandung – Sebanyak 325 atlet asal Jawa Barat akan mewakili Indonesia dalam 6th The Assosciation for International Sprort for All (Tafisa) World Sport for All Games 2016 di Jakarta, 6–12 Oktober 2016.

Tafisa merupakan ajang kompetisi olahraga rekreasi masyarakat yang mempertandingkan olahraga tradisional, petualangan, tantangan, kesehatan, dan kebugaran.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan berkesempatan untuk melakukan pertemuan dengan para kontingen Jabar yang akan ikut serta dalam ajang olahraga internasional yang diikuti lebih 110 negara ini.

Menurut Aher, ajang ini sebagai bagian untuk menyosialisasikan serta melestarikan olahraga atau permainan tradisional, khususnya permainan tradisional yang dimiliki setiap daerah di Indonesia dimana kondisinya hampir punah.

“Yang penting olahraga yang bisa menggerakkan masyarakat supaya bergerak, orientasinya tetap untuk kesehatan. Mengapa olahraga penting hari ini? Karena tubuh kita sudah dimanjakan teknologi masa kini. Maka tubuh kita perlu gerak untuk menghadirkan metabolisme tubuh kita supaya normal, itulah olahraga,” tutur Gubernur yang akrab disapa Aher itu seusai bertemu dengan jajaran Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (5/10).

“Melalui Formi ini, kita harapkan akan bisa membudayakan dan mengembangkan olahraga rekreasi. Formi ini salah satu tugasnya kan untuk membudayakan, mengembangkan olahraga rekreasi. Kayak Benjang, kalau tidak dibudayakan akan mati,” terang Aher.

Tafisa akan dibuka resmi oleh Presiden Joko Widodo pada 8 Oktober 2016. Ketua Umum Formi Jabar Sahlan Idris menyatakan, kontingen Jabar telah siap untuk mengikuti kegiatan ini.

“Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar. Kami mohon doa restu semoga tim Jawa Barat tidak kalah dengan PON,” ujar Sahlan dalam pertemuan tersebut.

Lebih lanjut Sahlan juga menjelaskan, atlet Jabar akan berlaga di 14 kegiatan, di antaranya International TSG Festival, olahraga tradisional (engrang, hadang, gadongan), Liong dan barongsay, BMX, cheerleader, air soft gun, sajojo dan jumba, taiji cigong, senam porpi, senam tera, line dance, marathon aerobic, benjang, dan poco-poco nusantara.

Selain itu, kontingen Jabar juga akan menggelar berbagai stand pameran, seperti stand pameran untuk kerajinan tangan atau handycraft dan kuliner khas Jabar.

Leave a Reply