27 Kader Terbaik Bersaing Raih Kursi Ketua DPW PKS Jabar

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Kader-kader terbaik Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat akan bersaing untuk menempati kursi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Jabar periode 2015-2020.

Mereka akan bersaing ketat dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) IV PKS Jabar yang akan digelar di Bandung, 10-11 Oktober mendatang.

Muswil yang mengambil tema “Berkhidmat untuk Rakyat” ini akan diikuti sekitar 300 orang utusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS, Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW), Dewan Syariah Wilayah (DSW), Dewan Pengurus Wilayah (DPW), daerah, dan utusan lainnya.

Ketua DPW PKS Jabar Tate Qomarudin mengungkapkan, pemilihan ketua DPW PKS Jabar menjadi agenda utama Muswil IV PKS Jabar yang mengambil tema “Berkhidmat untuk Rakyat” ini.

“Seluruh kandidat yang berjumlah 27 orang ini sudah ada di tangan DPP (Dewan Pimpinan Pusat) untuk digodok dan kemudian dituangkan dalam SK (surat keputusan),” ungkap Tate dalam konferensi pers di Urband Cafe, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (7/10).

Menurutnya, seluruh kandidat tersebut merupakan hasil penjaringan berdasarkan aspirasi dari seluruh kabupaten/kota di Jabar.

Beberapa nama kandidat calon ketua DPW PKS Jabar yang terjaring di antaranya Haru Suandharu, Nur Supriyanto, Haris Yuliana, dan Tetep Abdul Latip.

Selain itu, muncul pula nama-nama yang saat ini duduk di DPRD Provinsi Jabar dan DPRD kabupaten/kota. Kandidat lainnya adalah kader-kader dan pengurus di tingkat wilayah.

“Ini momen penting karena akan terjadi pergantian kepemimpinan, diharapkan akan muncul pemimpin baru PKS Jabar yang pada akhirnya bisa memberikan kontribusi untuk masyarakat Jabar,” harapnya.

Dikatakan Tate, dari 27 kandidat, nantinya akan dipilih 9 orang untuk mengisi kepengurusan baru Dewan Pengurus Tingkat Wilayah (DPTW) PKS Jabar yang meliputi tiga lembaga yakni MPW, DSW, dan DPW PKS Jabar.

“Nantinya, kesembilan kandidat terpilih ini akan mengisi  lembaga tersebut, nanti mereka akan ditetapkan pada tanggal 10 oktober di muswil,” ujarnya.

Rencananya, lanjut Tate, Muswil IV DPW PKS Jabar juga akan dihadiri langsung oleh Presiden PKS MSohibul Iman.

Selain berbagai agenda persidangan, kegiatan muswil ini juga akan dimeriahkan panggung rakyat, jalan sehat, dan bazaar di Lapangan Tegallega Bandung, 11 Oktober 2015 mendatang dan terbuka untuk umum serta gratis.

Sementara itu, Sekretaris OC Muswil IV DPW PKS Haru Suandharu mengatakan, Muswil IV DPW PKS Jabar akan membahas beberapa hal. Selain pemilihan ketua DPW PKS Jabar, muswil juga akan membahas persiapan pemilihan gubernur (Pilgub) Jabar 2018 mendatang.

“Tidak hanya itu, kami pun akan membahas konsolidasi kader, seiring dengan pelaksanaan pilkada serentak yang akan dilaksanakan Desember mendatang. Tentunya untuk mendorong komitmen dan kemenangan,” tegas Haru.

Proses penyiapan para calon pimpinan ini, menurut Haru, sudah berlangsung sejak beberapa waktu lalu. Semua kader dijaring aspirasinya, sampai kepada pemilihan umum internal yang merupakan rangkaian agenda muswil.

“Sistem pemilihannya beda dengan partai lain, kami melakukan penjaringan dari bawah, siapa kader yang layak memimpin untuk tiga lembaga yakni DSW, yang urusannya terkait akhlak moralitas serta mengawasi pengurus dan kader. Kemudian MPW untuk memberi pertimbangan pertimbangan, dan DPW. Tiga lembaga ini yang akan dicari pemimpinnya,” tandasnya.

Leave a Reply