13 Oktober 2018, BIJB Buka Penerbangan Umroh Perdana

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com  –  Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) akan memfasilitasi penerbangan pertama untuk para jamaah umroh.

Sebanyak 176 jamaah umroh dari berbagai daerah akan diterbangkan mulai tanggal 13 Oktober 2018 mendatang ke tanah suci.

“Kita sudah confirm (pemberangkatan perdana jemaah umrah),”  kata Managing Director Lion Group Daniel P Kuncoro dalam acara Jabar Punya Informasi, di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (9/10).

Dia mengatakan, dalam tahap awal pihaknya hanya akan melakukan satu kali penerbangan setiap pekannya. Setelah penerbangan perdana ini, diharapkan jumlah penerbangan bisa semakin bertama ke depannya.

Menurut Daniel, BIJB Kertajati memiliki potensi yang besar, terutama untuk penerbangan umroh. Pasalnya BIJB memiliki keunggulan dari sisi geografis yang juga bisa diakses oleh warga di wilayah Jawa Tengah.

“Dengan geografisnya Kertajati sangat menguntungkan. Karena lokasinya tepat di tengah Jawa Barat dekat dengan Jateng sebelah barat. Harapannya pasti insya allah bisa mengakomodir umat Islam yang ada di lokasi-lokasi ini (untuk penerbangan umroh),” ucapnya.

Direktur Utama PT BIJB Dimas Ekaputra menegaskan, BIJB sudah siap untuk melayani sejumlah penerbangan. Berbagai standar penerbangan yang diwajibkan juga sudah tersedia.

“Runway sudah 2.500. Ada lounge seluas 1.300 meter persegi. Untuk imigrasi sudah semuanya,” ucapnya.

Di lokasi yang sama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami menyambut baik adanya penerbangan umroh perdana ini. Pria yang akrab disapa Emil juga memastikan penambahan runway sepanjang 500 meter akan dikebut dan ditargetkan selesai akhir tahun ini.

“Dengan bahagia nanti tanggal 13 akan ada penerbangan yang paling ditunggu dengan pangsa pasar luar biasa dan mudah-mudahan ini terus kita upayakan menambah penerbangan yang ada di BIJB,” ucapnya.

Leave a Reply