120 Shelter Pengungsi Rohingya Tuntas Dibangun Sebelum Ramadhan Tiba

Oleh: Redaksi

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Tim Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk Rohingya bertekad membangun integrated community shelter (ICS) bagi para pengungsi Rohingya di Aceh Utara.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Jurnal Bandung, Minggu (7/6), Ketua Tim Pelaksana Pembangunan Shelter Mohammad Noor Solikin menyatakan, Pembangunan shelter tersebut ditargetkan selesai sebelum Ramadhan tiba.

“Di lahan seluas 4 hektare dari 5 hektare yang disiapkan, sudah kami siapkan desainnya untuk 120 unit shelter pertama,” ungkap Noor jelang briefing prapembangunan, di Lhokseumawe, Aceh, Jumat 5/5.

Menurut Noor, begitu pentingnya keberadaan shelter, pembangunan shelter menjadi topik penting yang tak boleh tergeser rencana lain.

“Ramadhan kian dekat. Kami ingin merespons harapan besar rakyat Aceh agar pada bulan suci nanti, shelter bisa menjadi hunian nyaman saat muslim Rohingya menjalani ibadah puasa dan semua rangkaian amal-amal lain di bulan suci ini,” ungkap Noor.

Entrepreneur muda asal Jogjakarta yang sudah berulang kali terlibat pembangunan prasarana fisik pascabencana, termasuk shelter terpadu itu menjelaskan, dengan jumlah pengungsi Rohingya pencari suaka yang ada di Aceh Utara, keberadaan 120 shelter dipastikan lebih dari cukup.

Sebagai pelaksana program ACT yang disokong penuh Pemkab Aceh Utara, pihaknya membagi blok shelter menjadi tiga bagian.

“Pertama, blok laki-laki; kedua, blok perempuan, dan ketiga blok yang dihuni anak,” sebutnya.

Leave a Reply