Wagub Uu Sebut Aksi Bela Tauhid ada Unsur Provokasi

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menilai Aksi bela Tauhid ini ditunggangi oleh sebagian kelompok. Bahkan menurut dia aksi tersebut mengandung unsur provokasi.

Dia merasa khawatir dengan adanya aksi ini, menjadi bahan pemecah belah umat muslim.

“Iya (ada muatan provokasi), khawatir kami, kalau bahasa media kan digoreng, oleh orang yang berkepentingan. Karena kami yakin, mudah mudahan ini salah,” ujar Uu di Gedung Sate Kota Bandung, Jumat (26/10).

Dia berkeyakinan, aksi pembakaran bendera yang ada tulisan kalimat tauhid ini bukan penistaan agama. Pasalnya lanjut dia, pembakaran tersebut dilakukan oleh seorang muslim yang sangat menghargai dan mengamalkan kalimat tauhid.

“Pembakaran itu tidak punya niat membakar kalimah Toyibah, dia juga sebagai seorang muslim,” ujarnya.

Uu meminta semua pihak untuk memaafkan aksi pembakaran itu agar mampu meredam suasana untuk menghindari konflik. “Ya namanya juga manusia. Manusia itu tempatnya salah, tempatnya khilaf, maka disini keutamaan aturan islam, ada maaf. Kenapa tidak kalaupun ada kesalahan,” katanya.

Menurutnya, fenomena tersebut jangan sampai menjadi bahan obrolan di masyarakat. “Daripada dijadikan baham cacian, bahan gontok – gontokan, demo sana demo sini, harapan kami saya minta tidak melakukan hal – hal yang dapat membuat perpecahan, yang membuat kita jadi ada perselisihan, kecemburuan pada satu kelompok ke kelompok yang lain, menahan diri intinya,” katanya.

“saya memahami apa yang menjadi kegundahan masyarakat, tetapi dalam hal ini kan ada berbagai macam penafsiran, tapi penafsiran ini saya serahkan ke masyarakat, ada yang menyampaikan bahwa ini ada

Share This

Leave a Reply