‪150 CCTV Senilai Rp18 Miliar Akan Dipasang di Setiap Persimpangan di Kota Bandung

Oleh: JB-01

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Untuk memaksimalkan pelayanan, terutama untuk memantau arus lalu lintas dan keamanan di Kota Bandung, Pemkot Bandung akan memasang 150 closed camera television (CCTV) senilai Rp18 miliar.

Ratusan CCTV tersebut akan dipasang tahun ini, melengkapi 30 CCTV yang kini sudah terpasang. Rencananya, 150 CCTV tersebut akan dipasang di setiap persimpangan jalan.

“Untuk pengadaan CCTV, dananya berasal dari APBD sebesar Rp18 miliar untuk 150 titik,” sebut Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Yudiana kepada Jurnal Bandung, Minggu (24/5).

‪Menurut Yudi, 30 CCTV yang kini sudah terpasang di sejumlah titik di Kota Bandung dirasa masih sangat kurang. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan pelayanan bagi warga Kota Bandung, CCTV akan ditambah dan dipasang tersebar di Kota Bandung.

“Kalau ditambah 150 tahun ini, maka ada 180 CCTV yang terpasang. Jumlah itu lumayan ideal untuk memantau jalan-jalan di Kota Bandung,” katanya.‬

‪Yudi melanjutkan, pihaknya kini tengah menyusun dokumen lelang pengadaan CCTV tersebut. Ditargetkan, Juli mendatang, proses lelang sudah bisa dilakukan.

“Proses pemasangan mudah-mudahan bisa selesai hingga akhir tahun ini,” ujarnya. ‬

‪Ditanya apakah seluruh CCTV ini sudah terkoneksi dengan Bandung Comand Center (BCC), Yudi mengakui ke-150 CCTV tersebut belum akan terhubung dengan BCC. Untuk sementara, ke-150 CCTV tersebut baru akan terhubung dengan Air Trafic Control Sistem (ATCS).

“Untuk sementara tidak nyambung ke BCC, tapi ke ATCS dulu,” imbuhnya.‬

‪Selain pengadaan CCTV, pihaknya juga berencana memperbaiki sejumlah trafict light (lampu lalu lintas) di Kota Bandung. Sebab, 137 trafict light yang kini terpasang sering mengalami kerusakan, sehingga cukup mengganggu kelancaran lalu lintas.

“Penyebabnya usia dari peralatan kita sudah sangat tua. 60% (trafict light) dibangun tahun 1996,” ungkapnya.

‪Secara bertahap, pihaknya akan memperbaiki trafict light tersebut. Tahun ini, sebut Yudi, anggaran perawatan dan perbaikan trafict light dialokasikan sebesar Rp4 miliar.

Share This

Leave a Reply