‎Deddy Mizwar Berharap Jalinan Kerja Sama Jabar – Tiongkok Segera Diimplementasikan

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Pemprov Jawa Barat berencana mengimplementasikan jalinan kerja sama dengan Provinsi Sichuan, Tiongkok.

Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar menjelaskan, kerja sama itu harus ada realisasinya, jangan hanya obrolan kerja sama, namun tidak ada action-nya.

“Kerja sama ini mungkin harus segera diimplementasikan, banyak kita kerja sama dengan yang lain, misalnya dengan Australia. Tapi diem aja di kertas dan baru sekarang ini dari tahun 90-an, Australia datang dan mulai merealisasikan,” jelas Deddy kepada jurnalbandung.comseusai bertemu Wakil Gubernur Sichuan Liu Jie di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (9/5).

Deddy mengungkapkan, Pemprov Jabar dan Pemprov Sichuan bersepakat bekerja sama dalam bidang pengembangan riset, ilmu pengetahuan dan tekhnologi di bidang pertanian, promosi pariwisata, perdagangan dan investasi, pembangunan kapasitas untuk pegawai negeri sipil, seni dan budaya, dan lainnya.

“Pada dasarnya itu untuk mewujudkan kesejahteraan dan pembangunan masyarakat,” katanya.

Menurut Deddy, kunjungan kerja wakil gubernur Sichuan kali ini adalah dalam rangka meningkatkan dan memperdalam komunikasi mengenai inisiasi pembentukan kerja sama persahabatan.

Deddy Menyebutkan, terdapat persamaan potensi di kedua wilayah, yaitu sebagai basis industri, jumlah populasi penduduk yang tinggi, sumber daya alam yang melimpah, serta berbagai destinasi wisata dan kebudayaan yang menarik.

“Untuk menindaklanjuti kerja sama ini, Pemprov Jabar telah menunjuk biro otonomi daerah dan kerja sama sebagai penghubung. Adapun pemerintah Provinsi Sichuan telah menunjuk Department of Foreign and Overseas Chinese affairs, Sichuan Provincial People’s Government sebagai penanggung jawab kerja sama tersebut. Akan tetapi meskipun kerja sama ini adalah G to G, diharapkan, entitas bisnis pun bisa berkontribusi positif terhadap kerja sama yang telah diinisiasi pemerintah kedua daerah ini,” tuturnya.

Menurutnya, kerja sama antara Pemprov Jabar dengan Pemprov Sichuan ini dalam rangka realisasi grand design kerja sama daerah Provinsi Jabar periode 2015-2018, yaitu pengembangan rencana dan implementasi kerja sama dengan pemerintah daerah/lembaga asing di kawasan Asia Timur dan Pasifik yang merupakan konsentris pertama politik luar negeri Republik Indonesia.

“Provinsi Sichuan merupakan salah satu provinsi di bagian selatan Republik Rakyat Tiongkok. Provinsi Sichuan merupakan mitra kerja sama yang starategis bagi Provinsi Jawa Barat, mengingat provinsi ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan provinsi Jawa Barat,” pungkasnya.

Leave a Reply