‎Aher : Saat Umat Muslim Berpuasa, Alangkah Eloknya Jika Restoran dan Rumah Makan Tutup.

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengimbau seluruh pengusaha rumah makan dan restoran di Jabar menutup usahanya selama umat muslim menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Menurut pria yang akrab disapa Aher ini, toleransi di Indonesia sudah sangat bagus. Ketika perayaan-perayaan agama lain, kata Aher, masyarakat muslim pun sudah bertoleransi.

“Siapapun harus memahami bulan puasa, kaum muslimin berpuasa, kita diajarkan toleransi. Alhamdulillah toleransi beragama kita sudah bagus,” ucap Aher kepada Jurnal Bandung di Bandung, Selasa (16/6).

Oleh karena itu, kata Aher, alangkah indahnya jika seluruh rumah makan dan restoran tutup selama umat muslim menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

“Alangkah eloknya jika semua rumah makan dan restoran tutup di saat warga muslim berpuasa, nanti bukanya jam 5 sore saja, saat menjelang buka puasa,” tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sebenarnya, saat bulan Ramadhan, para penjual makanan tidak akan merugi. Malah, dia meyakinkan, keuntungannya akan bertambah.

“Dulu sewaktu di Jakarta jika malas sahur di rumah, saya suka ke RM Padang. Saat bertanya apa rugi tutup saat di siang hari? si pedagang menjawab, justru keuntungannya malah dua kali lipat,” ungkapnya.

Share This

Leave a Reply